akikah untuk anak laki laki

Aqiqah untuk anak laki laki

Islam mengajarkan untuk menyembilih kambing saat aqiqah dilaksanakan. Aqiqah untuk anak laki laki, orangtua dianjurkan menyembelih dua ekor kambing. Sementara itu, seekor kambing jika yang dilahirkan itu adalah bayi perempuan sebagai ungkapan rasa syukur.

Lantas, apa jadinya jika orangtua tak memiliki kemampuan untuk memenuhi anjuran tersebut? Atau hanya mampu membeli satu kambing, padahal dikaruniai bayi laki-laki?

Aqiqah untuk anak laki laki

Aqiqah untuk anak laki laki
Aqiqah untuk anak laki laki

Disadur dari BincangSyariah, disebutkan bahwa aqiqah dengan seekor kambing untuk anak laki-laki dinilai cukup dan sah. Jumlah kambing yang disunahkan untuk disembelih ketika melakukan aqiqah tidak ada perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan yaitu seekor kambing di kalangan ulama Malikiyah.

Nabi Muhammad ﷺ sendiri ketika melakukan aqiqah untuk Hasan dan Husain, masing-masing dengan satu ekor kambing. Dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dari Ibnu Abbas, dia berkata:

“Sesungguhnya Nabi SAW pernah melakukan akikah untuk Hasan dan Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).”

Di dalam kitab Muhadzab fi Fiqhil Imam Assyafi’i, Imam Abu Ishaq Syairazi menegaskan kebolehan aqiqah dengan satu ekor kambing ini untuk anak laki-laki. Beliau berkata:

“Jika masing-masing anak baik laki-laki maupun perempuan diakikahi dengan satu ekor kambing, maka itu boleh karena ada riwayat dari Ibnu Abbas yang menyatakan bahwa Nabi SAW mengakikahi Hasan dan Husain masing-masing satu kambing gibas (domba).”

Meski diperbolehkan dan dinilai cukup dan juga sah melakukan aqiqah dengan satu ekor kambing untuk anak laki-laki, namun jika mampu dan tidak ada kendala lainnya, Sebaiknya aqiqah untuk anak laki-laki disempurnakan dengan menyembelih dua ekor kambing.

Hal ini karena satu ekor kambing atau domba hanya menjadi batas jumlah minimal yang mencukupi dalam aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan.

 

 

 

Leave a Comment