Bolehkah Ibu hamil minum susu beruang

Bolehkah Ibu hamil minum susu beruang

Susu beruang diyakini sebagai salah satu minuman andalan saat jatuh sakit, terlebih saat terkena tipes. Karena tidak mau cepat-cepat ke dokter, Anda mungkin berpikir untuk mencoba istirahat sambil minum susu beruang supaya badan tetap fit dan cepat sembuh.

Selain sebagai minuman super saat tipes, susu beruang juga dipercaya baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, apa benar begitu? Memangnya, apa saja manfaat susu beruang untuk ibu hamil? Mari simak faktanya berikut ini.

Kandungan gizi dalam susu beruang

Susu beruang sangat mudah ditemukan di toko swalayan maupun supermarket di sekitar Anda. Meski namanya susu beruang, jenis susu yang satu ini tetap terbuat dari susu sapi rendah lemak yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dilihat dari komposisinya, susu beruang yang ada di pasaran terbuat dari:

  • Maltodekstrin
  • Sari malt
  • Gula
  • Pati modifikasi
  • Pemantap nabati
  • Kalsium karbonat
  • Premiks vitamin
  • Perisa identik alami malt

Dari berbagai bahan dasar tersebut, susu beruang mengandung kaya vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Bila dilihat dari kandungan gizinya, sekaleng susu beruang mengandung:

  • 120 kkal energi total
  • 7 gram lemak total
  • 20 mg kolesterol
  • 6 gram protein
  • 9 gram karbohidrat
  • 115 mg natrium
  • Vitamin A
  • Berbagai jenis vitamin B, yaitu vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • Vitamin E
  • Berbagai jenis mineral, meliputi kalsium, zat besi, magnesium, dan zinc
  • Biotin dan kolin

Bolehkah Ibu hamil minum susu beruang

Dibalik kandungan gizinya yang menggiurkan, susu beruang banyak dilirik oleh masyarakat luas. Apalagi bagi Anda yang sedang terkena tipes, Anda mungkin langsung cepat-cepat minum susu beruang supaya gejalanya tidak semakin parah.

Namun yang jadi pertanyaan, Bolehkah Ibu hamil minum susu beruang? Pasalnya, ibu hamil tidak boleh sembarang mengonsumsi makanan maupun minuman demi menjaga kesehatan kandungannya.

Susu memang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Akan tetapi, tentu saja tidak semua jenis susu boleh dikonsumsi. Ibu hamil hanya boleh minum susu steril yang sudah dipasteurisasi.

Pasteurisasi adalah proses pemanasan susu menggunakan uap panas hingga mencapai titik didih 110 derajat Celcius. Proses pasteurisasi ini bertujuan untuk mengurangi jumlah patogen yang dapat menyebabkan penyakit, yaitu bakteri penyebab diare, kram perut, infeksi bakteri E.coli, dan sebagainya.

Wanita hamil yang minum susu tidak dipasteurisasi berisiko 5 kali lipat terkena toksoplasmosis dan infeksi listeria (listeriosis). Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), kedua penyakit tersebut dapat meningkatkan risiko bayi lahir mati (stillbirth), kelahiran prematur, sepsis, hingga meningitis pada bayi.

Nah, susu beruang dibuat dengan cara dipasteurisasi sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Susu beruang juga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan janin. Bahkan menurut laman drhealthbenefits.com, susu beruang termasuk jenis susu yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil itu sendiri.

Manfaat susu beruang untuk ibu hamil

Nah, bagi Anda yang sedang hamil, Anda boleh saja minum susu beruang. Berbagai manfaat susu beruang untuk ibu hamil adalah:

Manfaat susu beruang untuk ibu hamil
Manfaat susu beruang untuk ibu hamil

1. Mengandung kaya vitamin dan mineral

Manfaat susu beruang untuk ibu hamil terletak dari kandungan vitamin dan mineralnya. Beragam zat-zat penting dalam susu beruang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama masa kehamilan.

Sama seperti jenis susu pada umumnya, susu beruang juga mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua zat gizi tersebut bermanfaat untuk mencegah risiko osteoporosis sekaligus mengoptimalkan pertumbuhan tulang pada janin.

2. Menjaga daya tahan tubuh janin dan ibu

Manfaat susu beruang untuk ibu hamil yang tak kalah penting adalah menjaga daya tahan tubuh. Ini karena susu beruang mengandung kaya vitamin, mineral, dan lemak yang dapat menjaga sistem imun tubuh tetap kuat selama hamil.

Selain itu, kandungan antioksidan pada susu beruang juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, sehingga sel-sel tubuh tetap terlindungi. Dengan begitu, tubuh ibu hamil tetap segar dan sehat, begitu juga pada bayi dalam kandungannya.

3. Menjaga kesehatan kulit

Munculnya jerawat, hiperpegmentasi, hingga stretch mark adalah masalah kulit yang umum terjadi selama masa kehamilan. Kondisi ini wajar terjadi karena pengaruh hormon dalam tubuh selama hamil.

Namun jangan khawatir. Tanpa disadari, minum susu beruang juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit ibu hamil. Manfaat susu beruang untuk ibu hamil ini berasal dari kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dalam susu beruang. Ketiga jenis vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan proses regenerasi sel dan mencegah kerusakan sel kulit dini.

Vitamin C secara khusus dapat merangsang produksi kolagen dan minyak alami kulit, sehingga kulit tetap lembap dan elastis. Sementara itu, vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Dengan begitu, sel-sel kulit jadi tidak mudah rusak sehingga kulit tetap sehat dan bercahaya.

4. Membantu tidur lebih nyenyak

Ibu hamil sering kali mengeluh insomnia alias susah tidur setiap malam, apalagi jika kandungannya sudah mulai membesar. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman, terganggu dengan sakit punggung, hingga kram kaki.

Supaya Anda bisa tidur lebih nyenyak, tidak ada salahnya untuk mencoba minum susu beruang. Minum susu beruang saat hamil bisa membantu merilekskan tubuh. Alhasil, tidur Anda bisa jadi lebih nyenyak dan terhindar dari insomnia.

5. Menurunkan risiko kecacatan otak

Minum susu beruang saat hamil baik untuk perkembangan otak janin dalam kandungan. Ini karena susu beruang mengandung tinggi protein yang dapat mengoptimalkan fungsi otak.

Melansir dari drhealthbenefits.com, susu beruang dapat membantu menurunkan risiko kecacatan otak pada bayi. Meski demikian, hal ini masih diperlukan penelitian dan analisa lebih lanjut untuk membuktikan manfaat susu beruang terhadap penurunan risiko kecacatan otak janin.

Walaupun ada banyak manfaat susu beruang untuk ibu hamil, ini bukan berarti Anda boleh minum susu beruang terlalu banyak. Ada baiknya, konsultasikan dulu ke dokter kandungan Anda mengenai hal ini. Pastikan Anda sudah mengantongi izin dokter terlebih dahulu, sehingga Anda bisa meraup manfaat susu beruang untuk ibu hamil secara maksimal.

Demikian Semoga Bermanfaat Sahabat As Shidiq Aqiqah.

 

Leave a Comment