buah melon

Buah Melon untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah selama masa kehamilan. Sebab buah bisa memberikan vitamin, mineral, dan serat yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Ibu hamil setidaknya perlu mengonsumsi 200 gr buah setiap hari sumber USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat). Salah satu buah yang disarankan adalah melon. Lantas bagaimanakah manfaat buah melon untuk ibu hamil? Berikut informasi selengkapnya!

Buah Melon untuk Ibu Hamil

Buah Melon untuk Ibu Hamil
Buah Melon untuk Ibu Hamil

Buah Melon adalah salah satu buah yang sangat aman dan penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal itu dikarenakan banyaknya vitamin dan mineral didalamnya yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Seperti vitamin A, B1, C, zat besi, kalsium, dan fosfor.

Buah ini juga mengandung asam folat atau vitamin B9 yang penting untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Juga seng yang diperlukan untuk perkembangan jaringan janin yang tepat. Serta antikoagulan dan anti-antioksidan dalam buah melon juga bermanfaat untuk ibu hamil.

Namun sayangnya, banyak juga orang yang menganggap buahmelon berbahaya untuk ibu hamil karena mengandung bakteri listeria. Bakteri ini biasa ditemukan di kulit luar melon dan dapat mempengaruhi janin bila masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Oleh sebab itu, ibu hamil juga disarankan untuk benar-benar memperhatikan cara mengupas kulit buah melon sebelum mengonsumsinya. Ibu hamil juga disarankan hanya mengonsumsi buah melon yang benar-benar segar.

Manfaat Buah Melon untuk ibu hamil

Berikut ini Manfaat Buah Melon untuk Ibu Hamil:

1. Mencegah cacat tabung saraf

Melon kaya akan asam folat yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di trimester pertama. Seperti yang kita ketahui, tabung saraf bayi yang memunculkan otak dan sumsum tulang belakang terbentuk selama trimester pertama.

2. Membantu mencegah pembekuan darah

Salah satu komplikasi yang bisa timbul selama kehamilan adalah pembekuan darah. Meskipun sangat jarang, tetapi mengonsumsi melon dapat membantu penipisan darah dan mencegah pembekuan tersebut.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Melon memiliki karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan dan mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Ini sangat membantu dalam pembentukan sel-sel baru dan juga dalam meningkatkan kekebalan ibu maupun janin.

4. Mulas

Mulas adalah masalah umum serta menjengkelkan yang seringkali dialami ibu hamil pada trimester kedua serta ketiga. Salah satu makanan yang dapat mengatasinya adalah melon.

Ha ini disebabkan tingginya kandungan vitamin C dalam melon yang tidak hanya membantu pencernaan dan penyerapan tetapi juga mengurangi keasaman lambung dan rasa mulas.

5. Melon untuk ibu hamil bisa cegah anemia

Anemia yang sering terjadi selama kehamilan bisa berbahaya bagi ibu dan janin. Mengonsumsi buah melon bisa mencegah hal itu. Sebab buah melon mengandung jumlah zat besi dan vitamin C.

Vitamin C yang baik membantu penyerapan zat besi ke dalam sistem pencernaan, sehingga tersedia bagi tubuh untuk digunakan.

6. Kram kaki

Kram tangan dan kaki menjadi salah satu masalah yang kerap alami oleh ibu hamil. Kondisi ini terjadi karena kekurangan kalium, dan melon dapat membantu melengkapi kekurangan nutrisi tersebut.

7. Penglihatan bayi

Pada mata bayi mulai berkembang pada trimester pertama kehamilan dan mencapai vaskularisasi penuh menjelang akhir kehamilan. Selama ini, mengonsumsi sumber vitamin A yang baik seperti buah melon sangat mengurangi risiko kelainan opthalmologis pada janin.

8. Pengaturan tekanan darah

Selama kehamilan, banyak ibu cenderung mengalami tekanan darah yang dapat menyebabkan komplikasi seperti preeklampsia. Melon mengandung campuran garam mineral esensial yang baik yang membantu mengatur tekanan darah dan mengendalikannya.

9. Sembelit bisa dicegah dengan buah melon untuk ibu hamil

Buah Melon memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sehingga dapat mencegah tubuh ibu hamil kehilangan banyak cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Selain itu, Buah melon juga dapat menyeimbangkan suhu tubuh yang panas sehingga bisa mengatasi masalah sembelit yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil.

10. Menjaga berat badan

Buah Melon memiliki rasa yang manis, tetapi kandungan kalori dalam melon cukup rendah. Ibu hamil bisa mengonsumsi buah ini sebagai camilan di siang hari untuk merasa kenyang tanpa harus takut mengalami kenaikan berat badan

Seperti yang kita ketahui, fruktosa dalam buah sangat kecil dan tidak berkontribusi terhadap penambahan berat badan.

11. Kesehatan tulang bayi

Tulang serta gigi bayi bunda yang terbentuk selama kehamilan, proses ini dilakukan dengan menyerap kalsium dari tubuh ibu. Oleh karena itulah ibu hamil butuh asupan kalsium tambahan,

Ibu hamil bisa mengonsumsi satu porsi melon untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya setiap hari.

12. Pemulihan post-partum

Tubuh ibu hamil tidak hanya membutuhkan nutrisi dalam jumlah besar saat hamil tetapi juga setelah melahirkan. Hal ini dibutuhkan untuk masa pemulihan tubuh dari proses persalinan.

Mengonsumsi buah melon dapat membantu proses pemulihan ini berlangsung lebih cepat. Sebab buah melon kaya akan vitamin A yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

13. Sumber energi

Buah melon adalah sumber protein dan karbohidrat yang baik untuk dikonversi menjadi energi. Oleh karena itu, Buah melon sangat dibutuhkan selama kehamilan untuk memberikan energi pada ibu dan janin.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Sahabat As Shidiq Aqiqah.

Referensi

melon untuk ibu hamil

 

 

 

 

Leave a Comment