manfaat belut

Manfaat belut untuk Ibu hamil

Bunda mungkin sudah tak asing dengan jenis lauk yang satu ini, panjang, berwarna gelap, dan licin berlendir. Makanan ini sudah lama dikenal sebagai salah satu lauk favorit. Buktinya, para pedagang sayuran, kerap menjajakan lauk hewani yang satu ini.

Walaupun digemari, ada anggapan yang berkembang di masyarakat, ibu hamil dilarang mengonsumsi belut, khawatir anaknya kelak menjadi hiperaktif.

Walaupun begitu, ada juga yang mengatakan, ibu hamil perlu makan belut, apalagi bila menginginkan anak laki-laki.

Terlepas dari isu dan mitos yang beredar, makan belut saat hamil sangat aman dilakukan Bunda.

Dengan mengonsumsi belut saat bunda hamil menjadi direkomendasikan karena bisa memiliki sejumlah manfaat besar. Berikut Manfaat belut untuk Ibu hamil :

Manfaat belut untuk Ibu hamil

Manfaat belut untuk Ibu hamil
Manfaat belut untuk Ibu hamil
  1. Meningkatkan stamina

Makan Belut ternyata bisa meningkatkan stamina lo Bun. Dikarenakan, belut memiliki jumlah kalori yang tinggi yakni sekitar 1.350 kalori per pon dan 303 kkal per 100 gram daging. Tentu dengan mengonsumsinya membuat Bunda bisa mencukupi energi harian agar tidak kelelahan.

  1. Pertumbuhan dan perkembangan janin

Belut menjadi sumber protein yang sangat baik, Selain sumber energi. Kandungan protein belut mencapai 18,4 g per 100 gram daging. Protein ini tentu sangat diperlukan oleh janin untuk membangun sel-sel dalam pertumbuhan dan perkembangan janin

  1. Mencegah kanker payudara

Mengonsumsi belut rupanya bisa mencegah penyakit ganas pada Bun, yakni kanker payudara. Dikarenakan, belut mengandung arginine untuk mengurangi risiko kanker payudara karena menghambat pertumbuhan sel-sel ganas.

  1. Mencegah penumpukkan lemak

Makan belut membantu meningkatkan tonus otot dan meminimalkan penumpukan lemak di tubuh Bun selama kehamilan. Jadi, Bun dapat mengontrol kenaikan berat badan dengan mengonsumsi pangan satu ini.

  1. Menguatkan tulang

Belut juga diketahui memiliki kandungan mineral fosfor. Mengonsumsinya selama kehamilan bisa membuat tulang Bunda kuat dan sehat. Manfaatnya pun bisa dirasakan oleh janin yang akan memiliki pertumbuhan tulang yang baik pula saat lahir.

  1. Mencegah cacat janin

Sumber yang kaya Vitamin A dan Vitamin B12 terdapat dalam Belut. Belut diketahui mengandung antioksidan yang membantu melawan degenerasi makula, mencegah stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas.

Manfaat terbesarnya rupanya bisa juga untuk Si Kecil dari risiko kelahiran prematur, berat lahir rendah, dan cacat tabung saraf seperti spina bifida, anencephaly, dan encephalocele.

Demikian Semoga Bermanfaat Sahabat As Shidiq Aqiqah

 

 

 

 

Leave a Comment