Manfaat jagung untuk ibu hamil

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil

Bagi Bunda yang sedang hamil, memastikan bahwa asupan makanan yang dikonsumsi mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh merupakan hal yang penting. Sebab, bukan hanya untuk kesehatan Bunda saja, janin dalam kandungan juga membutuhkan nutrisi penting untuk tumbuh kembangnya.

Untuk Bunda yang sedang menjalani pola makan sehat selama hamil, rasanya wajib memasukkan jagung ke dalam menu makanan yang Bunda konsumsi.

Jagung terbilang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan Bunda dan juga janin dalam kandungan.

Ingin tahu apa saja manfaat jagung rebus untuk ibu hamil?

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil

manfaat jagung rebus untuk ibu hamil
manfaat jagung rebus untuk ibu hamil
  1. Sangat baik untuk kesehatan mata

Sangat baik untuk kesehatan mata
Sangat baik untuk kesehatan mata

Kandungan carotenoid yang terdapat pada jagung terbilang baik untuk kesehatan mata Bunda dan janin dalam kandungan. Bahkan konsumsi makanan yang mengandung carotenoid mampu menurunkan risiko alami kerusakan pada saat usia senja.

  1. Dapat mencegah Anemia

Dapat mencegah Anemia
Dapat mencegah Anemia

Ibu hamil memang rentan terkena anemia Bun. Karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besinya, seperti jagung.

Jagung terbilang dapat menjadi asupan yang Bunda konsumsi sebab ada beberapa zat pada jagung yang mampu mengurangi risiko terkena anemia mulai dari zat besi, vitamin B, hingga asam folat yang tinggi.

  1. Dapat mencegah terjadinya sembelit

Dapat mencegah terjadinya sembelit
Dapat mencegah terjadinya sembelit

Sembelit juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami selama kehamilan, terutama saat kehamilan sudah memasuki trimester kedua dan ketiga. Sembelit yang Bunda alami ini disebabkan karena kondisi rahim dan janin yang terus membesar sehingga usus akhirnya sedikit tertekan.

Untuk mencegah dan mengatasi sembelit selama hamil, Bunda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan serat untuk membantu memperlancar buang air besar. Jagung bisa menjadi pilihan Bun karena jagung termasuk makanan yang kandungan seratnya cukup tinggi.

  1. Sangat baik untuk perkembangan otak bayi

Sangat baik untuk perkembangan otak bayi
Sangat baik untuk perkembangan otak bayi

Pada jagung juga mengandung tiamin, yaitu zat yang dibutuhkan untuk menunjang dan mengoptimalkan perkembangan memori janin Bun. Bunda perlu untuk mengonsumsi jagung agar janin yang dikandung memiliki memori yang baik dan memiliki tingkat kecerdasan yang baik saat lahir nanti.

  1. Membantu menjaga tekanan darah tetap stabil

Membantu menjaga tekanan darah tetap stabil
Membantu menjaga tekanan darah tetap stabil

Kandungan kalium yang terdapat pada jagung terbilang membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan Bunda.

Selain meminimalisir terjadinya kram saat hamil, kehadiran kalium juga penting dalam membantu otot berkontraksi, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, hingga menjaga tekanan darah tetap stabil. Banyak kan Bunda, Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil?

  1. Membantu mencukupi kebutuhan asam folat

Membantu mencukupi kebutuhan asam folat
Membantu mencukupi kebutuhan asam folat

Saat hamil, Bunda memang disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam folat. Hal ini agar kebutuhan asam folat selama hamil dapat tercukupi dengan baik sehingga Sebab kehadiran asam folat terbilang penting dalam menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Salah satu makanan yang tinggi akan kandungan asam folatnya ada pada jagung Bunda. Semoga Bermanfaat Ayah Bunda Sahabat As Shidiq Aqiqah

 

 

 

Leave a Comment