fbpx
Perkembangan Janin 27 Minggu Sampai 30

Perkembangan Janin 27 Minggu Sampai 30

Lihat apa yang terjadi dengan bayi Bunda di bulan ketujuh kehamilan Bunda.

Minggu 27

Hei – bagaimana pandangan di sana, sayang? Saat ini, si kecil Bunda akan membuka matanya (mereka sudah ditutup selama beberapa bulan) dan melihat-lihat. Jadi apa yang dia lihat? Penelitian telah menunjukkan bahwa, paling tidak, ia mampu mendeteksi perubahan cahaya. Jika Bunda menyorotkan senter ke perut Bunda, bayi Bunda mungkin bergerak ke arah (atau kadang-kadang jauh dari) pancarannya. Kesan visual pertama bayi Bunda di luar rahim akan disortir menjadi terang dan gelap juga – itu sebabnya banyak mainan yang dirancang untuk bayi baru lahir berwarna hitam dan putih.

Bulu mata juga muncul sekitar waktu ini. Pada bayi yang baru lahir, bulu mata membuat bingkai yang menawan untuk mata, tetapi mereka juga melayani peran pelindung yang penting, melindungi permukaan bola mata yang sensitif dari puing-puing.

Minggu 28

Minggu depan Bunda secara resmi memasuki trimester ketiga, ketika pekerjaan utama bayi akan bertambah besar. Pada awal trimester ketiga, berat rata-rata bayi sekitar dua setengah pon dan berukuran 12 hingga 16 inci. Dengan pekerjaan besar pengembangan organ dan saraf hampir selesai, bayi Bunda akan bertambah berat – kebanyakan dalam bentuk lemak tubuh – sangat cepat sekarang. Lemak akan mengisi sebagian besar kerutan di kulitnya dan memberinya isolasi dan energi.

Pada anak laki-laki, testis biasanya benar-benar turun ke skrotum pada titik ini. Pada wanita, labia masih kecil dan belum menutupi klitoris. Labia akan tumbuh lebih dekat bersama dalam beberapa minggu terakhir kehamilan.

Minggu 29

Ambil busur – jika Bunda bisa! Bunda dan bayi Bunda telah mencapai peregangan rumah. Minggu ini, yang pertama di trimester terakhir, bayi Bunda mendapatkan kepala besar. Otaknya tumbuh begitu cepat sekarang sehingga tulang tengkoraknya yang lunak dan lentur didorong keluar. Komputer mungil dan kompleks yang merupakan otak bayi Bunda mendapatkan kekuatan dan kecepatan. Dahulu relatif mulus, otak kini tampak lebih keriput. Meningkatnya jumlah celah dan celah menyediakan lebih banyak ruang untuk interkoneksi antara sel-sel saraf individu. Sekitar titik ini, pola gelombang otak mulai menyerupai orang-orang dari bayi cukup bulan saat lahir.

Otot-otot dan organ-organ itu tumbuh dengan mantap, dan bayinya berada di puncak pergerakannya sekarang. Kemudian pada trimester ketiga, ruang mulai menjadi sempit dan, pada gilirannya, akrobat janin menurun.

Tautan yang berhubungan:

30 minggu

Bayi Bunda kemungkinan mencapai tiga pon sekarang dan berukuran panjang hingga 17 inci. Lanugo, rambut berbulu halus yang menutupi sebagian besar tubuhnya selama beberapa minggu terakhir, mulai menghilang pada saat ini. Ketika dia lahir, dia mungkin masih memiliki beberapa bercak bulu, biasanya di punggung dan bahunya, tetapi sisa-sisa ini akan hilang dalam beberapa minggu setelah kelahiran. Rambut di kepalanya juga menebal, meskipun rambut ini sering menjadi topping sementara yang mulai rontok sekitar satu bulan setelah kelahiran, untuk digantikan dengan rambut yang lebih permanen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *