fbpx
Perkembangan Janin 31 Sampai 35 Minggu

Perkembangan Janin 31 Sampai 35 Minggu

Lihat apa yang terjadi dengan bayi Bunda di bulan kedelapan kehamilan Bunda.

Minggu 31

Apakah itu baby blues atau gadis mata coklat? Warna iris bayi Bunda mulai muncul sekitar minggu ketiga puluh satu. Sebagian besar bayi dilahirkan dengan mata coklat kebiruan gelap atau abu-abu kebiruan, tetapi warna ini hampir selalu berubah setelah lahir . Warna mata sejati tidak akan tampak selama enam hingga sembilan bulan – pembentukan akhir pigmentasi mata terjadi sebagai respons terhadap paparan cahaya yang kuat dari dunia luar.

Sementara itu, mata janin disiapkan untuk hidup setelah lahir. Murid mulai membesar sebagai respons terhadap cahaya lembut, merah muda-merah muda yang menyaring ke dalam rahim. Mata biasanya terbuka selama waktu siaga dan ditutup saat tidur.

Minggu 32

Ambil napas dalam-dalam – itulah yang sedang dilakukan bayi Bunda, setidaknya beberapa saat. Pergerakan pernapasan janin pada sepertiga terakhir kehamilan adalah berselang – setelah semua, bayi mendapatkan oksigen dari plasenta, sehingga pernapasan tidak benar-benar diperlukan. Ditambah lagi, paru-parunya mengambil cairan ketuban, bukan udara. Tetapi “pelajaran bernafas” ini membantu paru-paru tumbuh kuat. Studi terbaru menunjukkan bahwa latihan paru-paru yang lembut ini juga mendorong sel-selnya untuk menghasilkan lebih banyak surfaktan, protein yang penting untuk perkembangan kesehatan paru-paru.

Aneh tapi benar: Pada janin manusia, gerakan pernapasan melonjak pada saat-saat kegelapan. Mengapa? Para ilmuwan belum tahu.

Minggu 33

Bayi Bunda tidak memiliki banyak ruang siku akhir-akhir ini – dan, dengan senang hati, itu mungkin berarti semakin sedikit pukulan siku pada tulang rusuk untuk Bunda. Karena ruang dalam rahim hampir habis, bayi menjadi kurang aktif pada saat ini dalam kehamilan. Bunda juga mungkin memperhatikan bahwa gerakannya dipengaruhi oleh rutinitas harian Bunda – seberapa banyak dan kapan Bunda makan, di posisi apa Bunda berada, dan suara dari dunia luar semuanya dapat memengaruhi tingkat aktivitas bayi Bunda.

Sementara gerakan janin melambat, mereka masih berlangsung. Luangkan sedikit waktu setiap hari untuk bersantai dan memeriksa aksinya. Dokter Bunda akan dapat memberi Bunda panduan tentang berapa banyak gerakan yang harus Anda rasakan – misalnya, lebih dari sepuluh gerakan dalam dua jam.

Minggu 34

Pada minggu ini, bayi Bunda tidak lagi terapung di kolam pribadinya dengan cairan ketuban. Dia menjadi begitu besar sehingga dia tidak lagi mengambang – dia beristirahat di rahimmu sebagai gantinya. Pada titik ini, bayi Bunda mungkin sudah dalam posisi saat ia lahir – biasanya dalam apa yang disebut posisi “vertex”, dengan kepala menghadap ke bawah, ujung belakang ke atas. Tiga hingga empat persen dari semua bayi akan menghadap ke arah lain, dengan pantat atau kaki mereka ke arah leher rahim, dalam “presentasi sungsang.”

Karena janin jarang berotasi sendiri selarut ini, dokter atau bidan kadang-kadang akan mencoba membujuknya keluar dari posisi sungsang dengan prosedur yang disebut “versi eksternal.” Ini melibatkan memanipulasi perut bagian bawah secara manual, dan harus dilakukan di rumah sakit untuk pemantauan yang tepat dari ibu dan bayi.

Minggu 35

Bayangkan Bunda memegang sekantong gula seberat lima pon. Itulah yang menggendong bayi Bunda saat ini. Pada minggu ke-35, rata-rata bayi memiliki berat sekitar lima hingga enam pound dan panjangnya sekitar 16 sampai 19 inci. Masih belum dianggap “istilah lengkap” (itu akan terjadi pada akhir minggu ke tiga puluh tujuh), sistem pernapasan dan pencernaannya hampir siap untuk berputar, dan dia mulai mengembangkan sistem kekebalan tubuhnya sendiri.

Tautan yang berhubungan:

Detail kecil janin juga lengkap pada titik ini. Kuku jari kaki sepenuhnya terbentuk dan kuku mencapai ujung jari-jari kecil. Bisakah janin merasakan gatal? Kami tidak tahu itu, tetapi kami tahu bahwa mereka sering menggaruk sendiri sebelum lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *