Perkembangan Janin 5 Sampai 8 minggu

Perkembangan Janin 5 Sampai 8 minggu

Minggu 5

Selamat! Tanggal menstruasi Bunda biasanya telah datang dan pergi, dan sekarang Bunda mungkin telah mengambil tes kehamilan dan mempelajari berita besar. Hasil tes urine positif itu disebabkan oleh peningkatan kadar hormon “kehamilan” dalam tubuh Bunda, human chorionic gonadotropin (hCG). Ini adalah hal ajaib yang membuat haid Bunda hilang selama sembilan bulan.

Bunda baru saja mengetahui bahwa bayi sedang dalam perjalanan, tetapi jauh di dalam rahim, jejak pertama tubuh janin sudah mulai muncul. “Garis primitif” terbentuk pada permukaan kelompok sel embrionik: pasangan bubungan ini akan bergabung membentuk sumsum tulang belakang dan otak. Asam folat membantu perkembangan awal ini dimulai dengan cara yang benar – dan itulah mengapa sangat penting untuk memasukkan banyak nutrisi penting ini ke dalam sistem Bunda sedini mungkin.

Sekitar enam belas hari setelah ovulasi, sel-sel embrio mengatur diri menjadi tiga lapisan khusus: ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Lapisan-lapisan ini pada akhirnya memunculkan semua bagian kecil bayi:

  • Endoderm membentuk paru-paru, lidah, amandel, uretra, dan kelenjar terkait, kandung kemih, dan saluran pencernaan.
  • Mesoderm membentuk otot, tulang, jaringan limfatik, limpa, sel darah, jantung, dan sistem reproduksi dan ekskresi.
  • Ectoderm membentuk kulit, kuku, rambut, lensa mata, lapisan telinga internal dan eksternal, hidung, sinus, mulut, anus, enamel gigi, kelenjar hipofisis, kelenjar susu, dan semua bagian sistem saraf.

Minggu 6

Sulit dipercaya: meskipun ia tidak lebih besar dari lentil, bayi Bunda sudah memiliki detak jantung! Pada pertengahan minggu ini, otot-otot jantungnya telah terbentuk dan mulai bergerak sedikit melentur. Versi mini dari hati manusia ini adalah organ pertama yang bekerja untuk bayi Bunda.

Untuk saat ini, makhluk kecil ini masih lebih terlihat seperti berudu yang meringkuk daripada bayi manusia. Kepala besar membentuk hampir setengah panjang embrio (lebih baik untuk mengakomodasi otak yang tumbuh cepat). Di bagian tengah tubuh, di dekat tonjolan yang memegang jantung, lengan kecil dan tunas kaki telah muncul. Tepat di bawah mereka adalah titik perlekatan tali pusat, ramping seperti benang. Tali pusat menghubungkan janin dengan plasenta yang sedang tumbuh, organ pemberi kehidupan yang telah dibentuk untuk memasok bayi yang sedang tumbuh dengan suplai darah dan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Tubuh berakhir dengan ekor panjang. Tapi jangan khawatir – pengingat tentang akar evolusi manusia ini menghilang dalam beberapa minggu, diserap ke dalam sumsum tulang belakang.

Di dalam tubuh, sistem saraf pusat, sistem peredaran darah, dan organ-organ seperti hati dan pankreas sedang berkembang. Sepanjang “punggung” embrio adalah sederetan balok kecil yang disebut somites. Ini akan menjadi tulang belakang dan tulang rusuk, antara lain.

Minggu 7

Pada akhir minggu ini, ukuran bayi Bunda sekitar sepertiga inci dari mahkota hingga bokong. (Dokter menggunakan “tinggi duduk” ini untuk melacak pertumbuhan awal karena kaki bayi sulit diukur). Meringkuk, dia sebesar kacang. Tapi dia kacang dengan kepribadian: fitur wajahnya mulai muncul – lubang kecil yang akan menjadi mata, telinga bagian dalam, dan awal dari mulut dan lidah.

Di sekitar tubuh mungil embrio, lapisan pertama bentuk kulit, halus dan tembus cahaya. Ujung-ujung tunas lengan diratakan menjadi dayung kecil yang disebut “lempengan tangan.” Pada akhir minggu depan, jari-jari akan terbentuk. Pada tahap awal ini, mereka berselaput, seperti kaki bebek.

Perubahan luar biasa sedang terjadi di otak embrio sekarang. Sel-selnya membelah menjadi tiga bagian. Pertama adalah otak depan, rumah bagi kepribadian manusia. Di sinilah masalah akan diselesaikan dan longsoran informasi yang dikumpulkan oleh indera – suara, bau, rasa – akan diproses. Berikutnya adalah otak tengah, yang akan berfungsi sebagai stasiun relay, mengoordinasikan pesan dan mengirimkannya ke tujuan akhir mereka di tubuh. Terakhir adalah otak belakang, yang bertanggung jawab untuk mengatur gerakan jantung, pernapasan, dan otot. Ketiga bagian, bekerja bersama, membentuk pusat komando ajaib yang adalah otak manusia.

Minggu 8

Bayi Bunda tumbuh – dia sekarang seikat kecil seukuran kacang lima. Dia terbungkus dengan baik di rumah rahimnya, mengapung di “perairan” jernih kantung ketuban yang terus tumbuh. Di sini, ia bisa melayang bebas, sambil tetap menempel pada plasenta dengan tali pusar seperti bungee. Plasenta sibuk memproses nutrisi dari aliran darah Bunda untuk memberi makan embrio, sementara juga membuang limbah yang dihasilkan olehnya.

Pada titik ini, seluruh tubuh embrio mulai sedikit membengkak, tetapi kepalanya masih sangat besar sebanding dengan yang lainnya. Ini juga akan benar setelah lahir: kepala bayi yang baru lahir sekitar seperempat dari panjangnya, sementara yang dewasa hanya delapan.

Tautan yang berhubungan:

Kerongkongan, yang membawa makanan ke perut, terbentuk minggu ini, dan di kedua sisi itu, dua kuncup yang merupakan awal dari paru-paru. Bayangkan: itu akan menjadi delapan bulan sampai paru-paru itu menghirup udara pertama mereka.

 

Leave a Comment