fbpx
Perkembangan Janin 9 Sampai 13 minggu

Perkembangan Janin 9 Sampai 13 minggu

Lihat apa yang terjadi dengan bayi Bunda di bulan ketiga kehamilan Bunda.

Minggu 9

Suatu saat dalam beberapa hari terakhir, gelombang otak pertama yang terdeteksi terdeteksi mengalir di kepala bayi Bunda. Pikiran macam apa yang mungkin dia pikirkan? Panjangnya hampir satu inci, kira-kira sebesar jari kelingking Bunda.

Laki-laki atau perempuan? Jawaban untuk pertanyaan terbesar kehamilan sebenarnya diselesaikan tujuh minggu yang lalu, pada saat sel telur dibuahi ketika sperma berkontribusi baik kromosom Y, yang akan membuat anak laki-laki, atau kromosom X, yang membuat seorang gadis. Tetapi sampai titik ini dalam perkembangannya, embrio belum memiliki tanda-tanda gender. Minggu ini, gonad, atau kelenjar reproduksi, muncul. Mereka adalah awal kecil dari testis atau ovarium. Tapi jangan terburu-buru untuk mendapatkan ultrasound Bunda dulu – organ-organ seks kecil itu tidak akan terlihat selama enam hingga delapan minggu.

Otot bayi tumbuh dan semakin kuat, dan gerakannya meningkat. Siku, lutut, dan sendi tungkai lainnya dapat dibedakan. Kapan saja sekarang, kuku kaki akan muncul di ujung jari kaki pemula.

Minggu 10

Hore! Bayi Bunda hampir siap untuk lulus! Dia memasuki tahap terakhir perkembangan embrionik pada titik ini, dan dalam minggu berikutnya dia akan membuat lompatan besar dari “embrio” menjadi “janin.” Semua struktur internal dan eksternal esensialnya sudah ada; dengan kata lain, ia memiliki semua komponen tubuh yang sama dengan yang Bunda lakukan. Panjangnya lebih dari satu dan seperempat inci sekarang, atau sekitar panjang jari telunjuk Bunda dari ujungnya ke sambungan pertama.

Usus, yang telah berkembang di dalam tali pusat, kini mulai menyelinap ke dalam rongga perut embrio. Genitalia masih hampir mustahil untuk dilihat dengan USG .

Ekor bayi telah menghilang sekarang. Lengannya gemuk sekarang, dan kedua tangannya hampir bisa saling menyentuh ketika mereka bergerak di depan perutnya yang membuncit. Telinga hampir sepenuhnya berkembang, baik di bagian luar kepala dan di telinga bagian dalam. Selera perasa melelehkan permukaan lidah yang sangat kecil. Kelopak mata berbaring setengah tertutup dekat mata kecil, yang sudah memiliki beberapa warna yang akan mereka miliki saat lahir .

Minggu 11

Luangkan waktu sejenak untuk merayakan dengan bayi Bunda minggu ini: Bunda berdua telah mencapai tonggak sejarah. Risiko malformasi serosa turun tajam pada titik ini dalam kehamilan Bunda, dan begitu pula risiko keguguran. Pekerjaan utama menghasilkan organ, anggota badan, dan bagian tubuh lainnya sebagian besar selesai. Pada titik ini, bayi Bunda telah melakukan transisi dari embrio ke janin. Mengapung dalam sekitar 1,5 ons air mandi amnion hangat, dia sekarang sekitar selama klip kertas – dan jauh lebih menarik! Dalam waktu kurang dari semester sekolah rata-rata, bayi Bunda telah tumbuh dari organisme bersel tunggal menjadi kompleks yang terdiri dari jutaan sel yang berbeda. Sekarang prosesnya kurang tentang mewujudkan bagian tubuh dan lebih banyak tentang membiarkan bagian itu tumbuh dan berkembang.

Setiap jari dan kaki terlihat jelas sekarang – tidak ada lagi anyaman seperti bebek – dan gigi tumbuh dalam soket gigi kecil. Gigi akan tetap tersembunyi saat lahir, hanya untuk mencabut gusi bayi sebagai titik di tahun pertama, yang mengarah ke senyum gigi menggemaskan pertama dan beberapa rasa sakit gigi yang buruk juga.

Minggu 12

Pada minggu ini, bayi Bunda, rata-rata, sekitar dua setengah inci panjangnya (ingatlah bahwa, setelah minggu 11, tingkat pertumbuhan bisa sangat bervariasi), dan dapat dipeluk dengan pas dalam sendok sup. Struktur dasar otaknya sekarang ada, dan massa otak tumbuh setiap saat.

Beberapa fungsi pencernaan penting dimulai sekitar minggu ini. Pankreas mulai memproduksi insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah. Hati mulai mengeluarkan empedu, cairan kehijauan tebal yang disimpan dalam kantong empedu yang membantu tubuh mencerna lemak.

Meskipun masih belum cukup “imut” janin mulai terlihat lebih seperti manusia sekarang. Jembatan hidung dan tulang rahang mulai membuat garis-garis wajah manusia yang sudah dikenal. Di dalam mulut, jaringan terlipat menyatu untuk membuat langit-langit mulut, atau atap mulut. Kuku muncul dari alas kuku mereka. Kuku ini bisa tumbuh cukup lama; lebih dari beberapa bayi dilahirkan yang membutuhkan manikur cepat.

Minggu 13

Selamat datang di minggu terakhir trimester pertama! Pada akhir minggu ini, bayi Bunda memiliki panjang sekitar tiga inci, dan akan pas di telapak tangan Bunda. Meskipun Bunda tidak bisa merasakan gerakannya, dia ada di mana-mana pada saat ini, lengan dan kaki melambai, tubuh menggeliat. Terkadang dia tersendat. Meskipun dia mungkin tampak gelisah, dia benar-benar hanya merasakan gandumnya, menguji kekuatan geraknya yang baru sementara dia masih memiliki ruangan – pada akhir trimester berikutnya, ruang hidupnya akan jauh lebih sempit.

Tautan yang berhubungan:

Organ seksual eksternal mulai muncul sekarang, dengan klitoris dan labia berkembang pada anak perempuan, penis dan skrotum pada anak laki-laki, tetapi organ-organ ini masih tidak dapat dideteksi dengan USG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *