fbpx
Perkembangan Janin Minggu 14 Sampai 17

Perkembangan Janin Minggu 14 Sampai 17

Lihat apa yang terjadi dengan bayi Bunda di bulan keempat kehamilan Bunda.

Minggu 14

Tepuk-tepuk diri Bunda dan punggung – dan tepuk bayi Bunda juga! Bunda berdua telah mencapai trimester kedua – yang disebut “fase bulan madu” kehamilan . Bayi Bunda tumbuh dengan pesat, demikian juga rahim Bunda, itulah sebabnya Bunda mungkin mengalami benjolan perut yang mencolok pada saat ini, atau setidaknya menemukan bahwa pakaian Bunda lebih kencang. Pada titik ini dalam perkembangan bayi Bunda, ekspresi mulai berkedip di wajahnya – sedikit kemenangan dan seringai. Tapi ini hanyalah pelenturan otot, bukan indikasi suasana hati. Melenturkan otot-mulut sangat penting: gerakan mengisap ini adalah refleks paling dasar bagi bayi Bunda dan akan memungkinkannya untuk makan.

Bayi sekarang memiliki berat sekitar satu ons, tetapi pada akhir trimester ini pada 28 minggu, beratnya akan mencapai dua pon. Panjangnya sekitar tiga inci sampai satu kaki. (Perlu diingat bahwa semua bayi tumbuh pada tingkat yang berbeda – angka kami adalah rata-rata).

Minggu 15

Apakah bayi Bunda akan botak seperti bola es, atau muncul dengan pel rambut gelap? Itu sekarang sedang diputuskan, seperti rambut tumbuh di kulit kepala. Rambut juga muncul sebagai alis dan juga pada bagian tubuh bayi lainnya. Kaki, punggung, dan perut bayi ditutupi oleh bulu halus berbulu halus yang disebut “lanugo,” yang sebagian besar akan hilang sebelum lahir. Apakah rambut ini hanya peninggalan dari manusia gua berbulu kita, atau apakah itu melayani beberapa tujuan perlindungan di dalam rahim? Para ilmuwan belum tahu pasti.

Fakta yang mengejutkan: Seperti makhluk laut kecil, bayi Bunda bisa bernapas “di bawah air.” Mulai dari sepuluh hingga lima belas minggu, janin menghirup dan mengeluarkan sejumlah kecil cairan ketuban. Ini membantu paru-paru untuk tumbuh dan berkembang.

Minggu 16

Di suatu tempat sekitar tiga inci panjangnya, bayi Bunda cukup besar hari ini untuk membuat dirinya dikenal dunia luar. Setiap hari sekarang – biasanya antara minggu 16 dan 20 – dia akan menabrak dinding kantung ketuban, menghasilkan kepakan kecil dan gelitik yang Bunda akan merasa sebagai “mempercepat.” Sebuah USG mungkin bisa mendeteksi organ-organ seksual bayi Bunda, dan monitor eksternal bisa mengambil benturan hati mungilnya, yang sekarang memompa 25 liter darah per hari untuk setiap sudut tubuhnya tumbuh.

Baik di wajah dan tubuh, bayi ini terlihat lebih manusiawi. Kepala dan lehernya lebih tegak sekarang, dan proporsinya menjadi lebih “normal.” Matanya sekarang telah bergerak dari sisi ke tengah wajah. Kelopak mata tertutup rapat, dan tidak akan terbuka lagi sampai bulan ketujuh kehamilan .

Minggu 17

Kata kosakata dalam seminggu: meconium. Goo hitam ini, kotoran pertama bayi Bunda, adalah produk dari kehilangan sel, sekresi pencernaan dan menelan cairan ketuban. Saat kehamilan berlanjut, meconium mulai menumpuk di usus. Ini akan muncul – biasanya setelah lahir , meskipun kadang-kadang dalam rahim – sebagai kotoran bayi pertama!

Tautan yang berhubungan:

Bayi melekat erat pada plasenta melalui tali pusar, yang tumbuh lebih tebal dan lebih kuat, berkat darah dan nutrisi yang terus mengalir melalui itu. Kerangkanya berubah dari tulang rawan lunak menjadi tulang. Tulang-tulang ini tetap fleksibel, sehingga paket yang berharga ini dapat melewati lebih mudah melalui jalan lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *