fbpx
Perkembangan Janin Minggu 18 Sampai 21

Perkembangan Janin Minggu 18 Sampai 21

Lihat apa yang terjadi dengan bayi Bunda di bulan kelima kehamilan Bunda.

Minggu 18

Pusaran dan lingkaran unik yang menjadi sidik jari bayi Bunda mulai muncul di ujung jari-jarinya minggu ini. Tangannya mulai membuat gerakan menggenggam, dan dia bahkan mungkin mulai mengisap ibu jarinya. Kebiasaan menenangkan diri ini dapat bertahan sampai masa kanak-kanak anak dan seterusnya, tetapi semua anak akhirnya menyerah.

Plasenta, organ pemelihara yang sangat penting, sekarang hampir sebesar bayi itu sendiri. Selain memberinya nutrisi dan oksigen yang stabil, massa goblok yang gelap ini juga menerima produk limbah dari darah janin dan menyimpannya dalam darah Bunda. Limbah tersebut kemudian disaring oleh ginjal Bunda.

Minggu 19

Selamat datang di bulan kelima kehamilan ! Inilah bukti bahwa hidup adalah siklus tanpa akhir: kurang dari setengah tahun yang lalu bayi Bunda hanya telur sendiri, tetapi sekarang, jika ia perempuan, ia punya telur sendiri. Pada minggu ini, ovarium janin perempuan telah mengembangkan folikel kecil yang menampung semua telur yang pernah ia miliki – sebanyak enam juta. Beberapa folikel ovariumnya bahkan dapat tumbuh dan berkembang, berkat hormon-hormon wanita supercharged yang mengalir dari Bunda ke bayi. Tetapi telur-telur kecil ini, atau sel telur, tidak pernah berkembang sampai titik ovulasi. Itu tidak akan terjadi selama bertahun-tahun – tidak sampai gadis kecil Bunda mencapai pubertas.

Di seluruh tubuh bayi, saraf dilapisi dengan zat berlemak yang disebut myelin, yang mengisolasi saraf sehingga impuls dapat mengalir dengan lancar. Sentuhan selimut lembut, suara suara Bunda: semua hal ini akan dibawa oleh jalur cepat ini dari organ sensorik ke otak.

Minggu 20

Kirim bersorak, pop sebotol jus anggur berkilau – Bunda dan bayi Bunda telah mencapai titik tengah kehamilan. Berikut ini adalah waktu pertumbuhan dramatis untuk si kecil Bunda, yang, rata-rata, sekarang berukuran hingga 8 inci dari kepala ke pantat, dan beratnya mencapai satu pon. Dia datang jauh sejak hari-harinya sebagai bintik mikroskopis, tetapi dia masih memiliki banyak hal yang harus dilakukan: saat lahir , rata-rata bayi yang baru lahir memiliki panjang 18 hingga 21 inci dan berat 6 hingga 9 pound.

Detak jantung janin semakin kuat sekarang. Pada bagian akhir trimester kedua, wusss wusss yang khas dapat dideteksi dengan perangkat pemantauan di rumah sederhana (tersedia di beberapa toko obat). Jantung bayi berdetak cepat – sekitar dua kali lebih cepat dari jantung Bundanya.

Minggu 21

Apa yang diimpikan oleh bayi di dalam rahim? Pertanyaan menarik ini muncul dalam beberapa minggu mendatang ketika pola tidur bayi Bunda mulai muncul (meskipun, menurut sebagian besar penelitian, mimpi mungkin tidak dimulai sampai sekitar minggu ke 28). Kapan si kecil tertidur? Bunda mungkin dapat mengetahui apakah gerakannya menunjukkan pelambatan yang ditandai pada waktu tertentu dalam sehari. Beberapa ilmuwan menyarankan bahwa kebiasaan makan dan tidur Bunda serta tingkat cahaya dan kebisingan di sekitar Bunda berfungsi sebagai sinyal dan membantu bayi mengatur jam internalnya agar sesuai dengan dunia luar bahkan sebelum kelahiran.

Tautan yang berhubungan:

Pada titik ini dalam perkembangannya, otak bayi mulai tumbuh dengan sangat cepat, terutama dalam apa yang disebut matriks germinal. Struktur ini jauh di tengah-tengah otak berfungsi sebagai semacam pabrik untuk sel-sel otak dan menghilang tak lama sebelum kelahiran. Tetapi program ekspansi otak yang menakjubkan terus berlanjut, karena kapasitasnya terus tumbuh hingga usia lima tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *