fbpx
Perkembangan Janin Minggu 36 Sampai 40

Perkembangan Janin Minggu 36 Sampai 40

Lihat apa yang terjadi dengan bayi Bunda di bulan kesembilan kehamilan Bunda.

Minggu 36

Bagi seorang anak yang akan dilahirkan, lemak bayi adalah hal yang sangat baik. Bayi Bunda sedang bekerja keras untuk mengumpulkan semua lemak yang ia dapat pada saat ini – tubuhnya semakin bulat, dan lesung pipit yang menggemaskan itu terbentuk di siku dan lutut. Penumpukan lemak ini – sekitar 15 persen dari berat totalnya – akan membantunya menjaga suhu tubuhnya dan memberinya simpanan energi. Karena lemak di bawah kulitnya berwarna putih, itu membuat kulitnya tampak lebih terang dan kurang kemerahan.

Pada ibu pertama kali, bayi sering “turun” dua sampai empat minggu sebelum melahirkan, ketika kepala bayi turun ke rongga panggul ibu. Ini disebut “pertunangan,” atau “penerangan,” dan itu berarti itu tidak akan lama sebelum hari besar!

Minggu 37

Garis finish akhirnya dapat dijangkau! Pada akhir minggu ini, bayi Bunda dianggap cukup bulan. Itu berarti bahwa tidak ada tindakan pencegahan khusus akan diambil untuk mencegah persalinan jika dimulai – mulai sekarang, semua sistem berjalan. Bayi Bunda masih menggeliat di tempat tinggalnya yang ramai. Sampai sekarang, dia mendapatkan sekitar setengah pon per minggu, tetapi sekarang pertumbuhannya melambat menjadi sekitar satu ons per minggu. Itu hal yang baik, karena hampir semua ruang yang tersedia di rahim terisi.

Melalui sebagian besar kehamilan, bayi telah mengandalkan ibunya untuk kekebalan terhadap infeksi, tetapi dalam beberapa minggu terakhir, sistem kekebalannya sendiri sudah mulai berkembang. Proses ini akan berlanjut setelah lahir, dan dapat dibantu dengan mendorong bayi untuk menyusui. Pada hari-hari pertama setelah kelahiran, payudara Bunda menghasilkan “kolostrum,” cairan tipis yang memperkuat sistem kekebalan bayi; ASI yang mengikutinya juga penuh dengan manfaat membangun kekebalan.

Minggu 38

Bayi besar atau kecil? Rata-rata bayi baru lahir dengan berat penuh antara 6 dan 9 pound dan panjangnya 18 hingga 21 inci. Dokter Bunda mungkin akan dapat memberi Bunda gambaran tentang ukuran bayi Bunda pada saat ini, tetapi perlu diketahui bahwa kadang-kadang ini hanya prediksi – tidak ada yang akan tahu ukuran pasti bayi sampai kelahiran. Saat Bunda melihat tanda-tanda bahwa air Bunda telah pecah (bertentangan dengan apa yang Bunda lihat di film, acara besar ini mendahului kerja hanya sekitar 10 persen dari waktu), ingat bahwa “perairan” ini sebenarnya adalah cairan ketuban, solusi melindungi bayi Bunda dari infeksi. Di akhir kehamilan , Bunda membawa antara 1 hingga 2 liter cairan berharga yang menopang kehidupan ini.

Sekitar dua minggu sebelum kelahiran, plasenta mulai memburuk sedikit. Ini menjadi kurang efisien dalam mentransfer nutrisi, dan gumpalan darah dan bercak kalsifikasi mulai terlihat. Organ vital namun berumur pendek ini mencapai akhir rentang hidupnya.

Minggu ke 39

Hanya lima persen bayi yang memutuskan untuk menyapa dunia pada tanggal jatuh tempo mereka, sehingga bayi Bunda bisa tiba kapan saja sekarang. Sambil menunggu, renungkan kata minggu ini: fontanel. Ini adalah dua titik lembut di kepala bayi di mana tulang tengkorak belum bergabung. Fontanel memungkinkan tulang tengkorak yang fleksibel bergeser dan menekuk saat perjalanan bayi melalui jalan lahir, membuat perjalanan menjadi lebih mudah tanpa merusak otak. Jangan panik jika kepala anak Bunda terlihat memanjang atau bahkan berbentuk kerucut setelah lahir – tulang akan dengan cepat membentuk kembali diri mereka sendiri menjadi bentuk bulat. Selama tahun pertama bayi, tengkorak akan mengeras, dan pada 18 bulan, fontanel akan menghilang.

Pada saat kelahiran, bayi memiliki total 300 tulang. Beberapa tulang-tulang ini akan bersatu bersama saat bayi tumbuh; orang dewasa memiliki total 206 tulang.

Minggu 40

Hari yang Bunda tunggu-tunggu akhirnya tiba! Tentu saja, bayi Bunda tidak tahu bahwa ini adalah tanggal kelahiran Bunda – ia mungkin memutuskan untuk berlama-lama di rumah rahimnya yang nyaman hingga dua minggu lagi. Tetapi tanggal lahir apa pun yang dipilihnya, ia akan membawa sekian banyak trik: bayi cukup bulan dapat menampilkan lebih dari 70 refleks yang berbeda, perilaku otomatis dan tidak terpelajar yang diperlukan untuk bertahan hidup. Salah satu perilaku tersebut adalah menangis, suara yang pasti akan Bunda dengar segera. Tapi jangan berharap melihat air mata segera: bayi dilahirkan dengan sistem saluran air mata yang terbelakang. Air mata biasanya tidak muncul hingga usia 1 hingga 3 bulan.

Tautan yang berhubungan:

Pasangan Bunda di ruang bersalin sering diperbolehkan untuk memotong tali pusar setelah melahirkan. Garis hidup antara plasenta dan janin ini bisa mencapai 4 kaki sejak lahir. Setelah kabelnya terputus, sisa akan tetap menempel di perut bayi. Ini akan jatuh pada bulan pertama, meninggalkan pusar kecil, pengingat permanen dari sembilan bulan yang berharga itu ketika Bunda dan anak terikat menjadi satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *